2020-09-16

Teknologi Persemaian Padi Sistem Dapog/Tray mendukung Food Estate

BPTP KALIMANTAN TENGAH
...

Mulai Sabtu (12/9/2020), Tim BPTP Kalteng memulai persemaian dengan sistem dapog/tray, hal ini dilakukan untuk menunjang kegiatan food estate di Kalteng, tepatnya di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Dapog/Tray adalah tempat tumbuhnya bibit padi dengan penanaman secara acak atau dengan ditabur pada media tumbuh untuk disemaikan. Teknologi ini digunakan dalam proses persemaian jika akan dilakukan penanaman dengan alat tanam berupa rice transplanter.

Menurut Cahyo Prasetyo A.Md. sebagai Tim BPTP Kalteng yang bertugas, media untuk persemaian menggunakan sekam, tanah subur yang sudah di ayak, serta pupuk kandang dan pemeliharaan rutin yang dilakukan adalah penyiraman secara merata pagi dan sore hari untuk menyeragamkan pertumbuhan tanaman.

Sistem dapog/tray ini merupakan salah satu teknologi yang diaplikasikan dalam kegiatan food estate, selain sebagai persiapan tanam di lokasi Center of Excellent (CoE) juga sebagai persiapan kunjungan Bapak Presiden RI. Persemaian dilakukan untuk luasan tanam 6 Ha dengan Padi Varietas Unggul Baru (VUB) yaitu Inpari 42. Teknologi persemaian dilakukan oleh Tim BPTP Kalteng dengan baik sehingga diharapkan dapat berhasil dengan baik dalam menunjang CoE Food Estate.

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : SISTEM DAPOG/TRAY
https://www.facebook.com/498977970211944/posts/3109778662465182/