2020-06-27

Menko Perekonomian, Menteri ATR/BTN dan Menteri Perdagangan Kunjungi Kalteng Untuk Percepatan Program Food Estate

BPTP KALIMANTAN TENGAH
...

Menteri Kordinator (Menko) Perekonomian (Erlangga Hartarto) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Sofjan Jalil serta wakil Menteri Perdagangan (Jery Sambuaga) lakukan kunjungan kerja (Kunker) satu hari ke Kalimantan Tengah (27/6/2020). Kedatangan rombongan disambut oleh Gubernur Kalimantan Tengah (H.Sugianto Sabran) bersama.unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi, Kepala ATR/BPN Prov.Kalteng, Kadis Perkebunan, dan Kepala BPTP Kalteng.

Agenda Kunker Menko Perekonomian dan Menteri ATR/BPN serta Mentri Perdagangan adalah meninjau lokasi Food Estate eks.Pengembangan Lahan Gambut (PLG) dalam upaya mewujudkan Kalimantan Tengah sebagai penyangga pangan Nasional dengan mengoptimalkan lahan rawa.

Dalam rapat terbatas sebelum rombongan melakukan kunjungan dengan helicopter melihat dari udara potensi lahan rawa Kalimantan Tengah sebagai penyangga pangan nasional, Menko Perekonomian diterima Gubernur Kalteng di Ruang VIP Bandara Tjilik Riwut, Kepala BPTP Kalimantan Tengah dimintakan pendapatnya mengenai potensi dan produktivitas usahatani masyarakat di lahan rawa, dijelaskan oleh Kepala BPTP Kalteng, bahwa produksi padi di lahan-lahan eksisting dengan penerapan inovasi teknologi (seperti telah penggunaan varietas unggul, penataan system tata air, pengendalian hama penyakit dan pasca panen) hasil bisa diperoleh petani mencapai 5 - 7 ton/ha GKP, namun pada lahan-lahan gambut, dimana tingkat kesuburannya masih rendah perlu input teknologi, terutama pada perbaikan system tata air, teknis budidaya. Rata-rata produksi di lahan rawa gambut berkisar 3 ton/ha GKP.
Kunker Menko Perekonomian, Menteri ATR/BPN dan Menteri Perdagangan ke Kalteng mengunjungi lahan pertanian di desa Gedabung dan Belanti II di kec. Pandih Batu kab. Pulang pisau dan di desa Anjir Serapat kec. Kapuas Timur Kabupaten Kapuas.

Hasil kunjungan ke lokasi Food Estate akan dilaporkan ke Presiden, dmana sebelumnya lokasi pengembangan Food Estate Kalteng telah dikunjungi sebanyak dua kali oleh Menteri Pertanian, dan Menteri PUPR

 

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=2885788181530899&id=498977970211944