2022-01-11

Tiga Fase Budidaya Hydroponik BPTP Kaliman Tengah

BPTP KALIMANTAN TENGAH
...

PALANGKA RAYA - Budidaya tanaman hidroponik merupakan metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Inti dari teknologi hidroponik adalah pemberian larutan hara sebagai sumber makanan bagi tanaman di zona perakaran, dimana tanaman tersebut ditanam pada media tertentu dengan menggunakan air sebagai pengganti tanah. Larutan hara yang diberikan berupa nutrisi A (kalsium, kalium, nitrogen, zat besi) dan nutrisi B (kalium, nitrogen, pospor, magnesium, sulfur, mangan, Zn, Cu, Mo, boron) yang dibutuhkan tanaman.

BPTP Kalteng menggunakan metode NFT (Nutrient Film Technique) dalam melakukan budidaya hydroponik. Dengan sistem ini bahan-bahan yang diperlukan berupa pipa atau talang, mesin pompa, selang air, bak penampungan air, rockwool, netpot, kain flanel, baki pembibitan dan Nutrisi tanaman.

BPTP Kalimantan Tengah menerapkan tiga fase/tahapan budidaya tanaman hydroponik, mulai dari penyemaian bibit, peremajaan dan pendewasaan. Penyemaian bibit dilakukan sendiri dengan tujuan untuk mengetahui kualitas benih dengan bibit yang digunakan. Umumnya peyemaian benih dilakukan selama 15 hari, kemudian dipindahkan ke tempat peremajaan selama 15 hari dan dipindahkan ke bagian pendewasaan sampai dengan panen.

Tiga tahapan budidaya hydroponik BPTP Kalimantan Tengah ini dilakukan untuk kontinuitas produksi atau untuk mempercepat proses produksi tanaman. Budidaya hydroponik juga dapat dilakukan hanya dengan dua tahapan yaitu penyemaian dan pendewasaan akan tetapi proses produksinya akan lebih lama.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : HYDROPONIK
https://www.facebook.com/100068839247034/posts/227182126253094/?app=fbl