2022-01-08

Cara Mengatasi Penyakit Mata Kodok pada Tanaman Selada

BPTP KALIMANTAN TENGAH
...

PALANGKA RAYA - Mahasiswa magang BPTP Kalimantan tengah lakukan pembasmian terhadap tanaman yang mengalami penyakit mata kodok, hal ini dilakukan sebagai bentuk penanganan atau pencegahan penyakit ini agar tidak menular ke tanaman lainnya, Senin (03/02/2021).

Sebagai informasi penyakit mata kodok pada tanaman selada ini disebabkan oleh jamur cercospora sp. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa penyakit mata kodok ini biasanya berkembang akibat kondisi kelembapan disekitar tanaman selada yang terlalu tinggi, khususnya setelah hujan turun. Jadi, dalam hal ini selada terlalu kebanyakan kadar air dan an apabila terdapat air yang menempel pada daun selada lebih dari 7-8 jam, maka daun selada ini akan ditumbuhi oleh jamur cercospora sp, sehingga daun selada akan terkena penyakit mata kodok.

Ciri-ciri yang ditimbulkan oleh penyakit mata kodok yaitu daun selada terdapat bercak-bercak coklat kehitaman yang berbentuk bulat. Bercak ini biasanya berukuran lebih dari 0.5 cm. Pusat bercak pada daun selada ini biasanya berwarna pucat sampai putih hingga tepi berwarna lebih tua. Apabila daun selada terkena serangan penyakit mata kodok yang sangat parah, maka daun selada akan mati dan gugur.

Andriansyah sebagai pegelola Hydroponik Training Center menjelaskan cara mencegah atau menangani penyakit mata kodok ini dengan memotong daun selada yang sudah terserang. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit ke daun selada lain dan memusnahkan daun selada yang terkena penyakit tersebut.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : BUDIDAYA HYDROPONIK
https://www.facebook.com/100068839247034/posts/226644366306870/?app=fbl